Kunjungan Perwakilan IISMA Vokasi Malaysia ke KJRI Johor Bahru: Membangun Jembatan Pendidikan dan Budaya

Press Release:

Kunjungan Perwakilan IISMA Vokasi Malaysia ke KJRI Johor Bahru: Membangun Jembatan Pendidikan dan Budaya

 

 

 

Johor Bahru, Malaysia, 9 Februari 2024 – Dalam sebuah momen penting yang menandai penguatan hubungan pendidikan dan budaya antara Indonesia dan Malaysia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Johor Bahru, Malaysia, baru-baru ini menerima kunjungan dari perwakilan Indonesian International Student Mobility Award for Vocational Path (IISMAVo) Malaysia. Kunjungan ini dipimpin oleh Kautsar Luthfian Ramadhan, Student Representative IISMA Universiti Malaysia Pahang Al-Sultan Abdullah (SR IISMA UMPSA), didampingi oleh Faieziel Ewaldo (SR IISMA Universiti Teknologi Malaysia) serta Awardee IISMA UTM Favian Hugo Dimitri dan Fauziah Rabbani dari D-4 TRIL Politeknik Negeri Padang.

Diterima dengan hangat oleh Konsul Jenderal RI Johor Bahru, Sigit Suryantoro Widyanto, dan Konsul Pendidikan dan Sosial Budaya, Cindy Mayrianti, pertemuan ini berlangsung di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia, Johor Bahru. Dialog konstruktif mengenai potensi program kolaboratif antara IISMA Vokasi Malaysia dengan mahasiswa lokal dan internasional dari kedua universitas menjadi salah satu agenda utama. Lebih lanjut, dibahas pula partisipasi aktif Awardee IISMA Vokasi 2023 dalam pesta rakyat Pemilu Luar Negeri 2024 sebagai petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN).

Sigit Suryantoro menekankan peran vital Awardee IISMA Vokasi dalam kontribusi pembangunan sumber daya manusia Indonesia. “Program ini bukan hanya tentang menikmati fasilitas pemerintah, tetapi juga tentang bagaimana kalian dapat berkontribusi pada pendidikan anak-anak pekerja migran Indonesia dan membangun SDM negara kita,” ujar Sigit.

Kautsar Luthfian Ramadhan menambahkan pentingnya kerjasama dan silaturahmi yang berkelanjutan antara IISMA Vokasi Malaysia dan KJRI Johor Bahru. “Kami bertekad untuk terus berkolaborasi dengan KJRI Johor Bahru dalam mempromosikan Indonesia dan mengangkat isu pendidikan serta budaya. Meski saat ini fokus kami di daerah Pahang dan Johor, kami optimis bahwa dengan kerja sama yang baik, kami dapat memperluas jaringan kami ke universitas lain di bawah naungan KJRI seperti di Negeri Sembilan dan Melaka,” tegas Kautsar.

Kunjungan ini menandai langkah signifikan dalam memperkuat sinergi pendidikan dan budaya antara Indonesia dan Malaysia, serta menunjukkan komitmen bersama dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan.

 

Humas PNP 2024